WISUDA YANG DIRINDUKAN

Share Infomasi :

MI Al-Adzkar Islamic Full Day School kembali melahirkan Hafidz dan Hafidzah yang Unggul

Sabtu, 28 Januari 2023 MI Al-Adzkar Islamic Full Day School, akan kembali melaksanakan wisuda tahfidz dan Al-Quran bagi siswa-siswi yang telah dinyatakan lulus oleh munaqisy, setelah selesai mengikuti munaqasyah tahfidz dan munaqasyah tahsin.

Apa?

Tahfidz merupakan salah satu metode menghafal Al-Quran. Dilansir dari tulisan “Apa itu Tahfidz Al-Quran?”, secara bahasa tahfidz adalah menghafal. Sedangkan menurut istilah tahfidz adalah salah satu proses menghafal Al-Quran baik dengan membaca ataupun mendengarkan secara berulang-ulang hingga hafal setiap ayat tanpa meihat mushaf Al-Quran.

MI Al-Adzkar menjadikan tahfidz sebagai salah satu program unggulan sebagai out put lulusan yang memiliki kredibiltas sebagai hafizd dan hafidzah juz 30 dan juz 29.

Sementara wisuda tahsin diperuntukkan bagi siswa yang telah menyelesaikan tahsin metode tilawati dan dinyatakan lulus setelah mengikuti ujian tahsin atau munaqasyah tahsin.

Siapa?

Berdasarkan kurikulum tahfidz di MI Al-Adzkar, juz 30 diselesaikan di kelas 4 semester genap. Jadi, siswa yang dapat mengikuti munaqasyah tahfidz ialah siswa yang hafal juz 29 atau juz 30. Siswa yang berhasil dalam munaqasyah tahfidz dan dinyatakan lulus maka dapat mengikuti wisuda tahfidz.

Bagaimana dengan siswa yang belum hafal?

Siswa yang masih perlu bimbingan dalam menghafal ayat-ayat Al-Alquran akan terus dibimbing hingga mampu menyelesaikan hafalan sesuai dengan target hafalan yang sudah ditentukan. Mereka dapat mengikuti wisuda tahfidz dan Al-Quran pada periode berikutnya.

Munaqisy

Munaqisy ialah orang yang melakukan penilaian terhadap para peserta dalam proses munaqasyah tahfidz. Dalam hal ini tentu saja seorang munaqisy ialah ia yang memiliki keahlian dalam dalam bidang ini.

MI Al-Adzkar mengundang seorang munaqisy dari luar, yaitu Bu Rahayu Sukmana, seorang hafidzah yang juga lulusan dari Perguruan Tinggi Al-Quran. Selain itu, juga munaqisy internal: Pak Dede Ramdani, Pak Yuli Furqanuddin, Pak Muhammad Iqbal, dan Bu Yulia Annisa.

Munaqasyah

Munaqasyah merupakan istilah untuk sebuah proses penilaian sejauh mana para peserta atau siswa-siswi hafal surat-surat dalam juz 30.

Hafidz dan Hafidzah

Hafidz adalah sebutan untuk laki-laki yang sudah hafal Al-Quran

Hafidzah adalah sebutab untuk perempuan yang sudah hafal Al-Quran.

Berikut Daftar Siswa-siswi yang Mengikuti Wisuda Periode 2022 -2023.

Masya Allah … Tabarakallah …

Anak-anak soleh dan solehah, semoga istiqamah untuk selalu mengahafal ayat-ayat suci Al-Quran.

Kita tunggu prosesi wisudanya, ya tanggal 28 Januari 2023 nanti!

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
April 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available