KUKIRA MENAKUTKAN, TERNYATA MENYENANGKAN

Share Infomasi :

Outing Class to Park Zoo

Latepost

Assalamualaikum Wr.Wb

Semoga kabar baik ya, semuanya

“Kukira menakutkan, ternyata menyenangkan.” Mungkin itulah yang dirasakan Adik-Adik RA ketika memasuki Park Zoo dalam kegiatan outing class pada 8 Desember 2022 lalu.

Outing Class? Apa itu Outing Class?

Salah satu agar pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien yaitu dengan pembuktian terhadap teori yang disampaikan kepada anak didik. Tentu saja pembuktian ini dirasa penting terutama untuk anak usia bermain yang penuh imajinasi agar segala sesuatu yang mereka tangkap dipahami dengan benar sesuai dengan usianya.

Yuk, Cari Tahu Manfaat Outing Class

Selain belajar menjadi menyenangkan, pengalaman baru pun menjadi momen yang tidak akan terlupakan oleh anak didik karena kegiatan yang diikuti dilakukan bersama teman-teman.

Ketika outing class dilakukan di alam terbuka, hal tersebut dapat menimbulkan kecintaan terhadap makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, hal ini termasuk pada penanaman pendidikan karakter terhadap anak didik.

Lalu, Apa Tujuan Outing Class?

Sesuai dengan manfaat yang diperoleh anak didik, outing class bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru dan pengalaman yang menyenangkan dalam proses pembelajaran.

Waaah … pasti seru, nih, outing class Adik-Adik RA

Kita kilas balik, yuk, ikuti keseruan kegiatan Adik-Adik RA Al-Adzkar outing class ke salah satu tempat wisata alam Park Zoo yang ada di kawasan Bandung Barat.

Berdoa. Ya, itulah kegiatan yang pasti selalu dilakukan setiap mengawali kegiatan. Namun, Adik-Adik RA dan semua yang berkumpul persiapan outing class dikagetkan dengan getaran gempa hingga menimbulkan sedikit kekhawatiran. Meski demikian, kekhawatiran tersebut alhamdulillah tidak menyusutkan semangat Adik-Adik RA untuk tetap mengikuti kegiatan outing class bersama teman-teman juga ibu guru.

Selama perjalanan pun tidak lupa Adik-Adik RA selalu ceria bersama hingga tidak terasa tiba di lokasi Park Zoo.

Setelah membeli tiket, dan Adik-Adik RA memakai gelang sebagai tanda untuk dapat masuk ke area Park Zoo, mereka pun langsung bergegas masuk.

Kandang burung menjadi tempat pertama yang mereka kunjungi. Aneka burung menjadi hal pertama yang menarik perhatian Adik-Adik RA. Adik-Adik RA tampak antusias saat melihat aneka jenis burung. Perjalanan pun dilanjutkan dengan melihat beruang madu, aneka ular, iguana, burung unta, dan burung merak.

Petualang Adik-Adik RA tidak berhenti di sana, ya. Mereka melanjutkan perjalanannya dengan mengunjungi Rabbit House. Di sana, Adik-Adik RA mendapat kesempatan untuk memberi makan kelinci secara langsung, bahkan mereka pun berfoto bersama kelinci yang lucu juga imut. Waaah … seru, ya, petualangan mereka.

Semangat Adik-Adik RA belum terkalahkan. Perjalanan di Park Zoo dilanjutkan dengan menaiki kereta mini sambil melihat harimau, orang utan, dan kucing persia, binatang reptil, serta ikan dan buaya. Selain tu, Adik-Adik RA juga dapat bermain di arena bermain juga menaiki korsel kuda.

Tiba pada waktunya makan siang. Adik-Adik RA bersama guru pun makan bersama di restoran yang ada di lokasi Park Zoo. Makan siang kali ini tentunya akan sangat menyenangkan karena selama makan kami dapat melihat harimau benggala yang kandangnya tidak jauh dari tempat makan.

Saatnya Adik-Adik RA pulang … keseruan pun masih terus ditunjukkan oleh mereka tanpa rasa lelah. Tampak kebahagiaan dari dunia anak-anak mereka. Hal inilah yang membuat Ibu Guru tanpa kenal lelah untuk selalu menciptakan canda tawa saat proses pembelajaran di mana pun dan kapan pun.

Masya Allah … pengalaman yang luar biasa bagi Adik-Adik RA, ya. Selain pengetahuan dan wawasan baru yang diperoleh dengan sangat menyenangkan, yaitu dapat mengetahui jenis-jenis binatang ciptaan Allah Swt., Adik-Adik RA juga dapat meningkatkan rasa bersyukurnya terhadap Allah Swt. bahwa Allah Swt. Mahabesar atas segala ciptaan-Nya. Pembelajaran lainnya, Adik-Adik RA dapat mengikuti aturan-aturan yang ada dengan baik.

Sebagaimana Firman Allah Swt.

“Sungguh, pada langit dan bumi benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang Mukmin. Sesungguhnya, pada penciptaan langit dan bumi benar-benar terdapat tanda ke-Esaan, kekuasaan, dan kebesaran Allah bagi orang-orang mukmin yang beriman.”

(q.s. al-jatsiya: 3)

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
April 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available