MATSAMA-Masa Ta’aruf Siswa Madrasah

Share Infomasi :

Tak Kenal Maka Ta’aruf

Memang istilah matsama belum dikenal luas oleh kalangan masyarakat, seperti halnya MPLS-Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Matsama adalah Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau yang lebih dikenal masa pengenalan lingkungan sekolah. Maka

Tak Kenal Maka Ta’aruf

MI Al-Adzkar Islamic Full Day School adalah salah satu madrasah ibtidaiyah swasta yang sudah menerapkan istilah matsama untuk pelaksanaan proses pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru Tahun Pelajaran 2023-2024.

Matsama di lingkungan MI Al-Adzkar Islamic Full Day School dilaksanakan dengan mengacu pada panduan pelaksanaan Matsama Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru dan Teknisnya yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI.

Matsama dilaksanakan setiap memulai awal tahun pelajaran yang baru. Hal ini bertujuan:

  1. mengenalkan lingkungan baru kepada peserta didik baru agar dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan belajarnya yang baru;
  2. mengenal keadaan sosialnya yang baru agar memiliki kesiapan mental untuk mengikuti kegiatan pembelajaran;
  3. menanamkan rasa bangga terhadap madrasah sebagai tempat peserta didik baru menimba ilmu;
  4. mengenalkan gaya hidup yang sesuai dengan ajaran agama Islam sebagai pembiasaan awal pada peserta didik;

Kegiatan Matsama di lingkungan MI Al-Adzkar dilakasanakan selama dua hari, yaitu pada Senin 17 Juli dan Selasa 18 Juli 2023. Kegiatan ini diawali dengan penyambutan peserta didik baru dengan kegiatan upacara bendera. Pada pelaksaan upacara bendera Senin 17 Juli 2023 ada sedikit perbedaan, yaitu pada formasi pasukan pengibar bendera merah-putih. Hal ini sebagai wujud semangat memulai awal tahun pelajaran baru, yaitu Tahun Pelajaran 2023-2024 juga semangat menyambut para peserta didik baru.

Bentuk Kegiatan Matsama

A. Kegiatan di Dalam Kelas (Indoor)

  1. Perkenalan dengan teman-teman baru.
  2. Perkenalan pembiasaan solat Dhuha.
  3. Mengenal huruf dan abjad.
  4. Praktik ibadah: wudhu dan solat.

B. Kegiatan di Luar Kelas (Outdoor)

  1. Perkenalan bersama guru-guru dan wali kelas setelah kegiatan upacara.
  2. Berkeliling sekolah didampingi oleh kakak kelas.
  3. Fun Game.

Agenda Kegiatan

Kegiatan Matsama di lingkungan MI Al-Adzkar dilaksanakan sepenuhnya oleh seluruh civitas Al-Adzkar. Dalam kegiatan ini kepala madrasah bertanggung jawab penuh terhadap seluruh kegiatan Matsama. Kegiatan Matsama ini berisi penuh dengan kegiatan yang bermanfaat, edukatif, kreatif, dan menyenangkan.

Semoga informasi seputar Matsama di lingkungan MI Al-Adzkar ini menambah informasi seputar pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru.

Masya Allah, Tabarakallah

Semoga kembali dipertemukan dengan Matsama Tahun Pelajaran baru 2024-2025.

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available