“Carilah ilmu hingga ke Negeri Cina”
Peribahasa ini tentu berlaku kepada setiap insan manusia tanpa batas usia. Seperti halnya guru yang berperan sebagai tenaga pendidik memerlukan ilmu-ilmu baru sehingga mampu mengikuti perkembangan zaman khusunya dalam dunia pendidikan.
Hari ini, Rabu 23 Maret 2022 semua guru MI Al-Adzkar telah mengikuti kegiatan Seminar RPP Inspiratif dalam Paradigma Baru Pembelajaran. Kegiatan ini diselenggaran sebagai salah satu kerja sama antara madrasah dengan salah satu penerbit ternama di kota Bandung. Sementara narasumber dalam seminar ini ialah Dr. Sudayat–seorang yang memiliki keahlian utama dalam pengembangan kurikulum.
Tentu saja seminar ini sangat bermanfaat dalam meng-upgrade pengetahuan dan kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang menginspirasi siswa sehingga tujuan pembelajaran berhasil dicapai.
Mengapa RPP Inspiratif?
Dengan RPP inspiratif guru dapat mengajar dengan maksimal dan berkualitas. RPP inspiratif mengacu pada Surat Edaran 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP. Dengan demikian, RPP inspiratif disusun dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa.
Efisien dimaksudkan bahwa penulisan RPP dilakukan dengan tepat tanpa menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif maksudnya bahwa penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sementara berorientasi pada siswa maksudnya bahwa penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar siswa di kelas.
Berdasarkan hal tersebut, RPP inspiratif bertujuan mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya untuk mencapai KD (sesuai Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Nasional).
Apa itu RPP Inspiratif?
RPP inspiratif merupakan RPP yang berisi kegiatan proses refleksi guru terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Kegiatan refleksi dalam proses pembelajaran bertujuan untuk mengukur ketercapaian tujuan yang telah disusun dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.
Oleh karena itu, RPP inspiratif berorientasi memberikan inspirasi kepada guru untuk menyempurnakan proses pembelajaran di kelas melalui kegiatan refleksi.
Dengan demikian, RPP inspiratif dapat dikatakan RPP yang berisi gambaran proses pembelajaran sekaligus soal evaluasi yang membangun nalar melalui literasi dan numerasi yang berorientasi pada ketercapaian profil pelajar Pancasila.
Bagaimana Skenario Pembelajaran RPP Inspiratif?
Skenario pembelajaran perlu disusun oleh seorang guru agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Begitupun dalam RPP inspiratif, terdapat skenario pembelajaran yang dapat dijadikan gambaran selama pelaksanaan pembelajaran.
Berikut skenario pembelajaran dalam RPP inspiratif.
Seminar ini tidak hanya mentransfer ilmu dari narasumber kepada guru, tetapi menambah kemampuan guru dalam menyusun RPP. Dalam seminar ini, guru langsung mempraktikkan penyusunan RPP inspiratif sehingga konsep yang diterima tidak hanya bersifat teoretis, tetapi juga dipahami secara konkret ketika mempraktikkan secara langsung dalam penyusunan RPP inspiratif.
Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat bagi guru sebagai tenaga pengajar yang perlu mendapat suntikan ilmu yang signifikan untuk diterapkan dalam kegiatan mengajar dan pembelajaran.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Sahabat Adzkar, ya …