Yuk, Kenali Hal Ini Agar Bijak Menggunakan Gawai!

Share Infomasi :

Siapa yang tidak mengenal gawai. Gawai merupakan kata lain dari gadget, yang menurut Wikipedia yaitu sebuah alat atau peranti yang dibuat lebih canggih dari teknologi yang dibuat sebelumnya.  Keberadaan gawai saat ini bagai buah simalakama—tidak mengenal gawai akan tertinggal, bergantung pada gawai akan celaka, terutama bagi anak-anak.

Dengan demikian, hal ini perlu diketahui khususnya oleh orangtua yang saat ini dibayang-bayangi kekhawatiran terhadap anaknya. Tidak sedikit orangtua yang sangat khawatir anaknya menjadi kebergantungan terhadap gawai.

Gambar 1

Berdasarkan hasil penelitian Neurosains Jepang, penggunaan gawai lebih dari dua jam akan  berakibat pada kondisi psikologis anak. Selain itu, bahaya radiasi yang dipancarkan dari layar gawai akan berakibat tidak baik pada kesehatan mata. Bahkan, anak akan kehilangan 500-1000 kosakata ketika hanya fokus pada konten yang dilihatnya pada gawai sehingga kemampuan berbicaranya tidak terlatih. Gambar 1 menunjukkan pengaruh negatif  gawai pada anak.

Gambar 2

Meski demikian, tidak berarti tidak ada solusi bagi orangtua agar anaknya terhindar dari ketergantungan pada gawai. Agar kondisi psikologis dan motorik anak tetap stabil, ada beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua bersama anak. Gambar 2 menunjukkan bahwa kunci keberhsilan dari solusi ini terletak pada peran orangtua yang memegang kendali anak ketika menggunakan gawai.

Semoga bermanfaat, ya, Sahabat Adzkar ….

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available