Serunya Belajar Bahasa Arab-Membuat Maket حَدِيْقَةُ الْحَيَوَانَاتِ

Share Infomasi :

Tulisan oleh: Bu Pipin Afifah

Siapa, nih, yang masih merasa belajar bahasa Arab itu sulit?

Belajar Bahasa Arab menjadi mudah dengan praktik membuat maket حَدِيْقَةُ الْحَيَوَانَاتِdengan tema Kebun Binatang bersama Bu Pipin–Guru bahasa Arab kita yang paling top deh!

Tahukah Sahabat Adzkar? Kalau di MI Al-Adzkar sudah ada pelajaran Bahasa Arabnya mulai dari kelas 1  sampai kelas 6.

Nah .., pada pembelajaran Bahasa Arab di kelas 5 kali ini para siswa ditugaskan untuk membuat maket dengan tema Kebun Binatang (حَدِيْقَةُ الْحَيَوَانَاتِ ) secara berkelompok.

Gimana prosesnya, yuk, kita meluncur ….

Pengertian

Maket merupakan miniatur konstruksi yang dibuat dalam bentuk tiga dimensi untuk memudahkan visualisasi hasil rancangan baik berupa rancangan struktur, interior, eksterior, maupun siteplan.

Tujuan Membuat Maket

Adapun tujuan proyek pembuatan miniatur Hadiqotul Hayawanat ( حَدِيْقَةُ الْحَيَوَانَاتِ ) adalah:

  1. Siswa mampu menerapkan secara langsung mufradat (kosa kata) tentang berbagai macam nama hewan ( أَسْمَاءُ الْحَيَوَانَاتِ ) sesuai tema .حَدِيْقَةُ الْحَيَوَانَاتِ
  2. Melatih keterampilan  dan keberanian siswa.
  3. Membangun kerjasama  serta tanggung jawab antara para siswa.

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • Steroform
  • Stik es krim
  • Kardus bekas
  • Lem tembak
  • Kertas warna/lipat
  • Gambar hewan-hewan yang dibutuhkan

Proses Pembuatan

Pada tahap pertama,

  • Siswa terlebih dahulu membentuk  kebun binatangnya. 
  • Setelah itu, melengkapinya dengan gambar binatang, pepohonan, pagar, rumput, dan aksesoris lainnya.

Tahap kedua,

  • Setelah siswa menyelesaikan bangunan kebun binatang, selanjutnya mereka meletakkan gambar hewan pada miniatur kandangnya. Siswa juga diharuskan memberikan identitas atau nama hewan tersebut dalam Bahasa Arab. Di sinilah siswa membutuhkan ketelitian dalam mengelompokkan hewan tersebut– apakah termasuk ke dalam hewan buas ( حَيَوَانَاتُ الْمُفْتَرِشَةِ) atau termasuk pada hewan jinak ( حَيَوَانَاتُ غَيْرُ الْمُفْتَرِشَةِ ),
  • Setelah dikelompokkan, kemudian  siswa memberikan nama pada gambar hewan tersebut dalam Bahasa Arab.

Tahap akhir,

  • Siswa diminta untuk melakukan presentasi tentang maket /miniatur  حَدِيْقَةُ الْحَيَوَانَاتِ secara berkelompok di depan kelas dengan menggunakan Bahasa Arab. Pada saat presentasi inilah dilatih keberanian  serta keterampilan siswa untuk berbicara dan mengemukakan pendapatnya dalam bahasa asing, yaitu Bahasa Arab. Alhamdulillah, semua kelompok dapat mempresentasikan hasil proyeknya dengan sangat baik dengan menggunakan bahasa Arab.

Contoh Teks untuk Presentasi

 Salah satu contoh teks dari presentasi siswa

حَدِيْقَةُ الْحِيَوَانَاتِ

هَذِهِ حَدِيْقَةُ الْحِيَوَانَاتِ جَمِيْلَةٌ وَ نَظِيْفَةٌ . فِيْهَا حَيَوَانَاتٌ كَثِيْرَةٌ  . تَوْجَدُ فِيْهَا حَيَوَانَاتٌ مُفْتَرِسَةٌ وَ حَيَوَانَاتٌ غَيْرُ مُفْتَرِسَةٍ. مَنَ الْحَيَوَانَاتِ الْمُفْتَرِسَةِ مِنْهَا : اَلْأَسَدُ  وَ النَّمِرُ وَ التِّمْسَاحُ وَ الثُّعْبَانُ وَ الذِّئْبُ وَ الدُّبُّ وّ غَيْرُ ذَالِكَ.

وَ مِنَ الْحَيَوَانَاتِ غَيْرَ الْمُفْتَرِسَةِ هِيَ : أَلْفِيْلُ , وَ الْجَمَلُ وَالزُّرَافَةُ وَ الحِصَانُ وَ الْجَامُوْسُ وَ الْقِرْدُ وَ الطَّيْرُ وَ غَيْرُ ذَالِكَ. اَلْهَوَاءُ هُنَا نَقِيٌّ لِأَنَّ يُوْجَدُ فِيْهَا كَثِيْرٌ مِنَ  الْأَشْجَارِ وَالْأَعْشَابِ

Terjemahannya

Kebun Binatang

Ini adalah kebun binatang yang bagus dan bersih. Di kebun binatang terdapat banyak hewan. Di dalamnya terdapat hewan yang buas dan hewanyang jinak.Hewan yang termasuk buas di antaranya singa, harimau, buaya, ular, serigala, beruang, dan lain-lain. Jenis hewan yang jinak, yaitu gajah, unta, jerapah, kuda , kerbau, monyet, burung, dan sebagainya.

Udara di sana (Kebun Binatang) bersih karena terdapat banyak sekali pepohonan dan rerumputan.

Semoga karya siswa-siswi kelas 5 ini bisa menambah keterampilan berbahasa asing–khususnya bahasa Arab juga meningkatkan kepercayaan diri setiap siswa.

Masya Allah … Tabarakallah …

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
Desember 2024
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available