PROSESI WISUDA TAHFIDZ DAN AL-QURAN YANG PENUH HARU

Share Infomasi :

Latepost

Masya Allah Tabarakallah

Sabtu, 28 Januari 2023 lalu MI Al-Adzkar telah meluluskan sebanyak 31 siswa yang mengikuti wisuda Tahfidz dan Al-Quran.

Prosesi wisuda ini dihadiri oleh orang tua wisudawan dan wisudawati, Guru-guru, Kepala Madrasah, juga pihak yayasan yang diwakilkan oleh Bu Lia.

Haru dan khidmat selama prosesi wisuda menambah suasana selama wisuda menjadi lebih berkesan.

Para wisudawan memasuki ruangan dengan diiringi shalawat. Sungguh rasa haru-biru yang tak terbendung ketika melihat ananda semua yang diwisuda berjalan dengan penuh keihlasan dan terpancar rasa bangga karena mereka telah menjadi generasi penghafal Al-Quran. Serta lantunan shalawat yang dibacakan langsung oleh guru pembimbing Pak Dede Ramdani membuat suasana saat Ananda memasuki ruangan semakin hidmat dan merinding penuh haru.

Prosesi wisuda diawali dengan sambutan dari ketua panitia, Pak Dede Ramdani, yang dilanjutkan sambutan dari mawas, Bunda Audieba. Penyampaian sambutan dilanjutkan oleh Kepala Madrasah, Pak Iwan Ridwan. Setelah sambutan dari Kepala Madrasah, sambutan selanjutnya dari pihak yayasan, yang disampaikan oleh Teh Aisyah.

Siapa yang tidak bangga, sebagai orang tua tentu akan bangga. Namun, kami para guru pun turut bangga menyaksikan putra-putri yang menjadi anak didiknya dapat menjadi generasi penerus hafidz dan hafidzah.

Rasa bangga pun semakin terpancar ketika kredibilitas para peserta wisuda dapat dibuktikan ketika para peserta mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para penguji yang disuguhkan secara langsung dari para orang tua peserta wisuda secara random.

Dalam sesi ini, orang tua yang dipilih secara random membacakan surat dari juz 30 kemudian peserta didik yang ditunjuk diminta untuk melanjutkan membaca ayat tersebut. Selain itu, pengujian lainnya dilakukan dengan meminta peserta didik menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat dalam surah yang dibacakan oleh beberapa orang tua peserta didik.

Pengujian ini bertujuan untuk menunjukkan para peserta wisuda tahfidz dan Al-Quran dari MI Al-Adzkar memang layik untuk diwisuda dengan kredibilitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

Masya Allah

Tabarakallah





Semoga para wisuda dan wisudawati yang telah lulus, senantiasa memegang amanah untuk terus mampu melanjutkan hafalannya serta terus mengamalkan ilmu yang telah dipelajari.

aamiin allohumma aamiin.

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available