Logo Madrasah Ibtidaiyah

Akreditasi

Terakreditasi BAN-S/M Berdasarkan SK Nomor: 999/BAN-SM/SK/2021 dengan peringkat Akreditasi A (UNGGUL)

1.       Mewujudkan sikap saling merhargai warga madrasah sesuai dengan syari’at islam.

2.       Membangun lingkungan madrasah  sehat yang bertoleransi dalam kebhinekaan global, mencintai budaya lokal dan menjunjung nilai gotong royong.

3.       Membangun lingkungan madrasah sehat yang dapat membentuk peserta didik memiliki akhlak mulia melalui rutinitas kegiatan keagamaan dan menerapkan ajaran agama melaui cara berinteraksi di Madrasah.

4.       Mewujudkan warga madrasah yang sehat jasmani dan rohani

5.       Mewujudkan warga madrasah yang peduli dan berbudaya lingkungan

6.       Membekali warga madrasah dengan keterampilan olah raga dan budaya lokal

7.       Mengembangkan kepribadian warga madrasah yang berbudi luhur dan berkarakter.

8.       Membina warga madrasah agar memiliki pola hidup bersih, sehat dan higienis.

9.       Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik.

 

10.   Mengembangkan program madrasah yang membentuk ide dan gagasan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi.

Visi

Terwujudnya Insan Moderat, Pembelajar Sepanjang Hayat, dan Berwawasan Lingkungan

Tujuan Pembelajaran

Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah Mewujudkan Alumnus Al-Adzkar menjadi insan yang memiliki sikap atau berperilaku yang baik, hidup harmonis dengan penuh kreatifitas dalam penguasaan teknologi dasar dan mampu hidup mandiri yang berpegang teguh pada nilai ajaran agama.

Kurikulum

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-adzkar merupakan Madrasah yang setara dengan sekolah dasar (SD). Madrasah Ibtidaiyah Al-Adzkar berada di bawah naungan Kementerian agama. Kurikulum yang digunakan pada MI Al-Adzkar merupakan kolaborasi atau penggabungan antara kurikulum Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (KEMENDIKBUD) dengan kurikulum Kementerian Agama (KEMENAG). Kurikulum Pendidikan MI Al Adzkar terbagi pada dua bagian yaitu muatan nasional dan muatan lokal, berikut merupakan struktur muatan kurikulum MI Al-Adzkar.

Kelompok A
Muatan Nasional (utama)

  1. Pendidikan Agama Islam
    • Al-Quran Hadits
    • Akidah Akhlak.
    • Fikih.
    • Sejarah.
    • Kebudayaan Islam.
  2. Pendidikan Bahasa
    • Bahasa Indonesia.
    • Bahasa Arab.
  3. Sains dan Sosial
    • Matematika.
    • IPA.
    • IPS.
    • PPKn

Kelompok B

  1. Seni Budaya Dan Pra Karya.
  2. PJOK.
  3. Muatan Lokal.
    • Bahasa Inggris
    • Bahasa Daerah (Sunda).
    • TIK

Kelompok Institusional

  1. Tahfidz (Target Minimal 2 Juz).
  2. Tahsin (Metode Tilawati)

Pengembangan Diri (Ekstrakurikuler)

  • Futsal, Pramuka, English Club, Taekwondo, Mading, Dokter Kecil, Tilawah Mujawwaj dan Kaligrafi Khat
  • Kegiatan-kegiatan penunjang pembelajaran yang bersifat terencana dan terjadwal sesuai dengan kalender pendidikan seperti: Berenang, Field trip, Visit Factory, PHBN, PHBI, Market Day.
  • Kegiatan penumbuhan bela negara, budi pekerti dan keagamaan seperti: Upacara Hari Senin, Sholat Berjamaah, Sholat Sunah Dhuha, Bakti Sosial, Iftor Jamaah, dan Piket Kelas.

Hari Belajar Efektif

Kegiatan pembelajaran di MI Al-Adzkar dilaksanakan dengan system full day, sehingga pembelajaran dilaksanakan mulai hari Senin – Jum’at dengan rincian waktu sebagai berikut:

  • 07.15 – 07.30 : Pembiasaan Sholat Dhuha.
  • 07.30 – 09.30 : Kegiatan KBM.
  • 09.30 – 10.00 : Istirahat.
  • 10.00 – 12.00 : KBM.
  • 12.00 – 13.00 : Sholiskan.
  • 13.00 – 14.00 : KBM.
  • 14.00 – 15.30 : Pengembangan Diri (Ekstrakurikuler).
  • 15.30 – 16.00 : Sholat Ashar Jama’ah.
  • 16.00 : Closing dan Pulang

Tenaga Pengajar

Rani Setiani Purnawangsih, S.Pd.
Guru Bahasa Indonesia

Guru yang akrab dengan pangilan Bu Rani ini mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al-Adzkar Islamic Full Day School. Gabung menjadi salah satu tenaga pendidik di MI Al-Adzkar sejak 2017. Guru kelahiran Tasikmalaya ini hobi menulis, sehingga menjadi motivasi bagi anak didiknya untuk menghasilkan karya sejak dini menjadi penulis pemula.

Buku solo yang telah terbit pada akhir 2020 lalu berjudul The Power of  Sahabat.  Selain itu, karya-karyanya termuat juga dalam 5 buku antalogi berikut:

  1. Kau Selalu Punya Alasan untuk Bahagia, Antalogi tulisan penuh suka cita bersama finisher 14 hari menulis September ceria, September 2019.
  2. Rindu, Sendu di Penghujung Waktu, Antalogi puisi bersama kontributor hasil karya Lomba Cipta Puisi Nasional 2, Oktober 2019.
  3. Seringai Fajar dan Senja, Antalogi tulisan kelas nulis bareng Inspira 2.0, November 2019.
  4. Kutemukan Bahagia setelah Hari Itu, Antalogi kontributor cerpen dalam menulis keroyokan-NK Batch 2, Desember 2019.

Selain itu,  ada beberapa karya tulis bersama rekan-rekan seprofesinya,  yaitu:

1. Intisari SD/MI kelas 3, penerbit Pustaka Setia Bandung.

2. Intisari SD/MI kelas 6, penerbit Pustaka Setia Bandung.

3. Buku Evaluasi kelas 4, penerbit Pustaka Setia Bandung.

4. Buku Evaluasi kelas 6, penerbit Pustaka Setia Bandung.

Beberapa kompetisi meulis yang pernah diikuti:

  1. Juara 5 kompetisi menulis  short story title tingkat nasional dalam ajang  In the Event Short Story Writing Competition National Cooperation between AB Creative with Gerakan menulis Buku Indonesia, 2017.
  2. Kontributor tinkat nasional in the event poetry writing competition national coopertaion between AB creative with Gerakan Menulis Buku Indonesia, 2017.
  3. Juara 3 menulis ragam cerita tingkat sekolah, 2020.

Baginya, berkarya adalah hal yang tak berbatas.

Iseu Suwaibah, S.Pd.I
Guru Basa Sunda

Guru nu hiji ieu jenenganna Iseu Suwaibah, medal di Bandung kaping 7 Juli 1985. Warsih 2006 anjeunna lulus ti D3 UNPAD jurusan Administrasi Logistik. Selang sababaraha taun, anjeunna neraskeun atikanna di UIN Sunan Gunung Djati nyandak jurusan S1 PGMI dugi ka taun 2015.

Warsih 2010 anjeunna lebet janten bagean tanaga pangajar di MI Al-Adzkar. Kasohor janten guru kelas hiJi, nanging anjeunna ge dipercanten ngawulang pangajaran Basa Sunda. Resep banyol janten salahsahiji “ciri khas” tina sikepna nu handap asor. Ngoleksi sareng ngarawat kekembangan janten “hobi” anu dilakonanna.

Asep Susena Maulana, S.Pd.
Guru Matematika

Guru kelahiran Tasik, 30 Desember 1984 ini mengeyam pendidikan di  SDN Purbaratu Tasikmalaya, lulus tahun 1998. Lanjut SMPN 3 Tasikmalaya lulus 2001. Pilihannya untuk melanjutkan pendidikan jatuh di STM Manangga Pratama, lulus 2004. Setelah lulus, memutuskan untuk kuliah di STKIP Siliwangi Bandung dan berhasil lulus tahun 2008. Tak perlu menunggu lama untuk bergabung menjadi staf pengajar di MI Al-Adzkar. Sejak 2008 telah menjadi guru mapel Matematika hingga sekarang 2021. Hobinya berotomotif menjadikannya selaluu tampil berjiwa muda.

Peserta Didik

Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Adzkar, berasal dari berbagai wilayah di sekitar Padalarang, Ngamprah, Cipatat dan hanya menerima peserta didik yang beragama Islam ( Muslim)

Sarana dan Prasarana

  • Ruang UKS
  • Ruang Multimedia
  • Ruang Laboratorium IPA
  • Ruang Laboratorium Komputer
  • Ruang Musik
  • Perpustakaan
  • Ruang Kelas MI
  • Ruang Kepala Madrasah (KEMAD)
  • Ruang Guru
  • Lahan Parkir
  • Lapangan Bola
  • LapanganFutsal
  • Lapangan Bermain
  • Masjid
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available