Serunya Super Kids Camp-RA Al-Adzkar

Share Infomasi :

Perdana Prasiaga Adik-adik RA Al-Adzkar 2022

Tulisan oleh: Mulky Sobarwati

Super Kids Camp merupakan kegiatan camping yang diikuti adik-adik di RA Al-Adzkar. Bagaimana serunya Adik-Adik RA mengikuti Super Kids Camp? Yuk, kita lihat ulasannya berikut!

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Salam sehat dan semangat Ayah dan Bunda serta Ananda Tersayang

Kekhawatiran atas perizinan orang tua saat akan dilaksanakan Super Kids Camp perdana, itulah yang kami rasakan di awal.
Bukan tanpa alasan, hal ini berkaitan dengan usia Adik-Adik RA yang masih dini untuk mengikuti kegiatan camp dan bermalam di sekolah tanpa didampingi orang tua.
Namun, di luar dugaan kami–sebagai tenaga pengajar RA–ternyata antusias orang tua mematahkan kekhawatiran kami. Mereka memberikan izin kepada Adik-Adik RA untuk mengikuti Super Kids Camp.
Begitu pun dengan Adik-Adik RA yang sangat antusias ingin mengikuti kegiatan ini.
Kegiatan dimulai pada hari Rabu, 5 Oktober 2022 dengan mengabsen kehadiran.

Ada hal unik saat mengabsen kehadiran dan barang-barang yang dibawa Ananda. Hampir semua anak membawa barang-barang kesayangannya, seperti selimut kesayangan, bantal kesayangan, guling, boneka, bahkan kasur lipat kesayangannya.

Memang Boleh?

Tentu saja boleh … agar Adik-Adik RA merasa senang selama mengikuti Super Kids Camp.


Mendirikan Tenda
Selesai mengabsen kehadiran dan pengecekan barang-barang, selanjutnya mendirikan tenda oleh Adik-Adik RA bersama ibu guru. Kami mendirikan 2 tenda–1 tenda untuk peserta laki-laki dan 1 tenda untuk peserta perempuan.
Setelah kami mendirikan tenda, Adik-Adik RA bermain fun games, bernyanyi, dan bertepuk di dalam tenda.. Waaah seru deh …!
Alhamdulillah Adik-Adik RA sangat senang 🤗.


Kegiatan menuju sore hari, kami bersih-bersih dahulu dan persiapan untuk sholat maghrib bersama. Setelah sholat maghrib, kegiatan kami isi dengan muroja’ah, hafalan Qur’an surat pendek, hafaan hadits dan doa’ serta mendengarkan cerita dari ibu guru. Kegiatan ini selesai hingga shalat Isya dilaksanakan.
Setelah sholat Isya, kami pun siap-siap melaksanakan kegiatan selanjutnya, yaitu makan malam bersama, api unggun, dan membakar jagung.
Waaah Adik-Adik RA ternyata sangat senang saat pelaksanaan api unggun. Mereka bernyanyi serta bermain bersama 🙏🤗, dilanjutkan dengan makan jagung bakar bersama.
Selesai kegiatan api unggun, kami bersiap-siap untuk beristirahat. Namun sebelumnya, Adik-Adik diajak untuk berganti baju tidur, menggosok gigi, serta buang air kecil dahulu agar saat tidur mereka tidak ngompol 🤭.

Alhamdulillah Adik-Adik RA sangat semangat dan mampu mengikuti aturan yang sudah dibuat oleh ibu guru. Sebelum tidur, tentunya Adik-Adik RA berdoa terlebih dahulu 🙏🤗.
Masya allah, Adik-Adik RA tidak ada yang rewel atau susah untuk tidur. Adik-Adik RA semua tidur dengan sangat nyenyak.
Saat tengah malam, bu guru memeriksa Adik-Adik RA karena khawatir ada yang ngompol. Sungguh di luar dugaan kembali, tidak ada seorang pun Adik-Adik RA yang pipis di kasur saat tertidur pulas.

Adzan subuh pun berkumandang, Adik-Adik RA bangun pagi dalam keadaan sehat, senang, dan bahagia. Lalu, kami shalat Subuh berjamaah. Selesai shalat Subuh kami bersiap-siap untuk sarapan pagi.


Kami sarapan dengan bubur kacang hijau dan telur rebus, Adik-Adik RA pun suka.
Kegiatan pagi kami diawali dengan berjalan ke sawah dekat sekolah, untuk menghirup udara segar 🙏🤗. Penuh riang dan canda kami selama dalam perjalanan.

Setibanya di sekolah dari perjalanan berkeliling ke pelataran hijau sekitar sekolah, Adik-Adik RA kembali bersiap-siap untuk makan pagi.

Rasa lelah pun tidak tampak di raut wajah Adik-Adik RA. Mereka masih tampak antusias untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.

Sebelum menuju puncak kegiatan, yaitu pengumuman peserta terbaik. Adik-Adik RA kembali mengikuti fun games. Semangat dan ceria, itulah yang terpancar dari Adik-Adik RA.

Hal itulah yang membuat Ibu guru memberikan rewards kepada seluruh peserta Super Kids Camp.

Semua Adik-Adik RA berhak dan pantas mendapat penghargaan sebagai peserta terbaik.
Super Kids Camp pun selesai. Adik-Adik RA siap-siap dijemput orang tua untuk beristirahat di rumah setelah satu hari mengikuti kegiatan dalam kegiatan Super Kids Camp.

Mengapa Harus Mengikuti Kegiatan Super Kids Camp?

Dengan mengikuti kegiatan Super Kids Camp, aspek kemandirian dan sosial emosional Adik-Adik RA dapat meningkat serta dapat menambah pengalaman baru bagi Adik-Adik RA. Tentunya pengalaman yang menyenangkan.

Rasa syukur kami kepada Allah Swt. yang telah memberikan kelancaran dan kemudahan selama kegiatan Super Kids Camp. Juga kepada Bi Asih yang selalu siap siaga membantu kami dalam setiap kegiatan. Serta kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini, kami ucapkan terima kasih.


Sampai jumpa di tulisan selanjutnya, ya!
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barokatuh

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
April 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available