Tak Kenal Maka Tak Sayang-Yuk, Ikut MPLS Bersama MI Al-Adzkar!

Share Infomasi :

Ditulis oleh: Ima Dwi Kartika, S.Pd.-Guru Tematik Kelas 1

MPLS Daring–Emang Bisa?

Awal tahun ajaran baru identik dengan Masa Pengenalan Lingkungan Siswa atau dikenal dengan istilah MPLS–terutama bagi siswa kelas 1 yang akan mengenal lingkungan baru.

Tak Kenal Maka Tak Sayang. Itulah pepatah yang tepat untuk melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan MPLS.

MPLS merupakan kegiatan yang dilaksanakan saat kali pertama masuk sekolah sebagai salah satu agenda yang biasa dilaksanakan dalam rangka pengenalan program sekolah, pengenalan guru, sarana dan prasarana, cara belajar, hingga pengenalan pembiasaan atau kultur sekolah.

Bersifat edukatif dan kreatif merupakan hal yang mendasari kegiatan MPLS di lingkungan MI Al-Adzkar Islamic Full Day School. Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya–MPLS tahun pelajaran 2021-2022 dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Jadwal MPLS virtual

12 Juli 2021 MPLS hari pertama mulai dilaksanakan dengan dihadiri oleh kepala madrasah juga semua dewan guru secara virtual. Kegiatan hari pertama MPLS diawali dengan sambutan dari Kepala Madrasah kemudian pengenalan guru dan lingkungan sekolah. Tentu saja hal ini bertujuan siswa baru mengetahui guru-guru yang akan menjadi panutan mereka ketika menerima ilmu.

MPLS hari kedua diawali dengan berdoa bersama-sama sebelum belajar, kemudian diisi perkenalan antara wali kelas dengan siswa/i baru kelas 1. Untuk menambah keseruan perkenalan kali ini, kami sebagai guru yang mengajar di kelas 1 mengajak anak-anak berkenalan sambil bernyayi bersama. Kegiatan ini bertujuan membangun kepercayaan diri anak-anak ketika bertemu dengan lingkungan baru.

Pada hari ketiga, MPLS kembali diawali dengan berdoa bersama. Lalu, melakukan senam bersama secara virtual dengan mengikuti gerakan yang dicontohkan wali kelas-yaitu Bu Ima dan Bu Iseu. Menariknya, meski dilaksanakan secara virtual tidak mengurangi antusias anak-anak untuk semangat mengikuti MPLS secara virtual. Selesai senam, kegiatan dilanjutkan dengan membuat kreasi origami dengan bentuk kupu-kupu. Filosofinya, anak-anak dapat memiliki cita-cita yang tinggi hingga bermetamorfosa menjadi sesuatu yang sangat indah.

Pada hari keempat dan kelima, MPLS diisi dengan pengenalan proses belajar dan pembelajaran secara virtual–PJJ. Kuncinya, kreativitas guru menjadi pengendali ketika siswa baru harus memulai dan menjalani pembelajaran jarak jauh hingga semangat dan antusias siswa tidak surut.

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

5 Comments:

  • Pipin Afifah

    Semangat terus para guru,terutama guru kelas 1 yang harus berusaha lebih keras dalam membimbing anak2 baca dan menulis karena pandemi ini ..,dan masih harus daring juga..
    Hamasah para mudarris..

  • Semangat anak2 kelas 1..
    Semangat terus guru kelas 2 dan para guru …

    Semangat

  • Iseu Suwaibah

    Mohon do’a dan dukungan dari semua pihak supaya kami para guru dapat mengemban amanah dalam mendidik semua siswa sehingga dapat berwawasan luas dan utamanya berakhlakul karimah berdasarkan tuntunan Al-Qur’an dan As-sunnah

  • Ima Dwi Kartika

    Tetap semangat guru2… Berjuang lagi dalam mengajar jarak jauh, tetap berkreasi dan berinovasi…

    Fighting…

  • Semangat guru-guru…
    Berjuang lagi dalam pembelajaran jarak jauh, selalu berkarya dan berinovasi

    Fighting

Comments are closed.
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available