Tetap Sehat dengan Berolahraga saat Berpuasa

Share Infomasi :

Tips berolahraga saat berpuasa-oleh: Hafizullah Faridh, S.Pd

Assalamualaikum Sahabat Adzkar …

Gimana, nih, puasanya lancar? Jangan sampe bolong yah. Semoga Sahabat Adzkar semuanya bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusyu.

Berolahraga saat berpuasa memang memiliki tantangannya sangat luar biasa. Tidak hanya menjaga rasa lapar dan haus, tetapi kita juga perlu menjaga kesehatan agar ibadahnya lancar.

Sahabat Adzkar, ada yang tahu-mengapa olahraga sangat perlu dilakukan pada bulan puasa? Kita jangan beranggapan bahwa puasa itu hanya menjaga rasa lapar, haus, dan hawa nafsu. Kita sangat perlu menjaga kesehatan tubuh karena di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

Olahraga yang dapat dilakukan saat berpuasa di antaranya jogging, skipping, push up, sit up, dan bersepeda.

Apa saja manfaat olahraga di bulan puasa?

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh menjadi sangat penting. Seringkali, karena perut kosong, kondisi cenderung lemas ditambah beban kerja membuat seseorang rentan stress.

Maka dari itu, olahraga dapat mengurangi beban pikiran dan psikologi.

Hal ini juga ini bisa membuat daya tahan tubuh kuat serta mampu terhindar dari penyakit atau serangan virus.

2. Badan menjadi fresh

Selain itu, manfaat olahraga saat puasa yakni bisa membuat mood positif terus dan menjaga stabilitas emosi. Selain itu, menjaga metabolisme tubuh dan membuat hormon bisa bekerja maksimal.

3. Melancarkan pencernaan

Meskipun saat berpuasa sistem pencernaan pada tubuh ikut beristirahat karena tidak adanya asupan makanan ataupun minuman yang masuk, dengan olahraga sirkulasi darah di dalam tubuh kita akan tetap lancar.

Durasi waktu yang baik untuk berolahraga saat berpuasa yaitu 20-30 menit. Tentunya olahraga yang dilakukan dapat di luar ruangan ataupun di dalam ruangan.

Nah, itu seputar informasi tentang olahraga saat berpuasa. Semoga bermanfaat, ya Sahabat Adzkar dan selamat mencoba!

Salam sehat selalu ya. Sampai jumpa di tulisan Pak Hafizh berikutnya!

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available