Belajar membuat karya ilmiah sejak dini
Era 4.0 merupakan era serba digital. Dengan demikian, pembelajaran pun dituntut untuk lebih menyesuaikan dengan kondisi zaman.
Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kali ini diterapkan dalam belajar tentang Teks Laporan Hasil Pengamatan.
Pada pembahasan tentang Teks Laporan Hasil Pengamatan, siswa kelas 6 mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan pengamatan, yaitu
- 15 butir biji kecambah
- kapas putih sekitar dua lembar
- cup minum plastik berukuran sedang
Pengamatan yang dilakukan siswa kelas 6 adalah pengamatan terhadap perkembangbiakan biji kecambah.
Pengertian Teks Laporan Hasil Pengamatan
Teks laporan hasil pengamatan merupakan teks yang berisi pemaparan hasil pengamatan.
Bagian-bagian Teks Laporan Hasil Pengamatan
- Definisi umum, berisi penjelasan umum atau pengertian tentang yang dibahas dalam laporan.
- Definisi bagian, berisi ide pokok dan penjelasan secara terperinci hasil pengamatan.
- Definisi manfaat, berisi penjelasan tentang manfaat dari hal yang diamati.
Manfaat Teks Laporan Hasil Pengamatan
Teks laporan hasil pengamatan berfungsi memberitahukan sesuatu berdasarkan hasil yang diamatinya.
Laporan yang baik ialah laporan yang terperinci, sesuai fakta hasil pengamatan, dan mudah dipahami oleh pembaca. Dalam penyusunannya, laporan harus dijelaskan secara runtut dengan bahasa yang mudah dipahami. Dengan demikian, laporan berguna memberikan gambaran pada orang lain tentang sesuatu yang diamati.
Struktur Teks Laporan Hasil Pengamatan
a. Nama pembuat laporan
b. Lokasi pengamatan
c. Waktu pengamatan
d. Objek pengamatan
e. Hasil pengamatan
Pengamatan yang dilakukan siswa kelas 6 dilaksanakan selama satu minggu dan diobservasi setiap hari.
Selesai proses mengamati selama satu minggu, siswa kemudian membuat teks laporan hasil pengamatan sesuai yang diamati selama satu minggu terhadap perkembangbiakan biji kecambah.
Kemudian siswa mempresentasikan hasil penyusunan laporan hasil pengamatan.
Selama penyusunan laporan, siswa dibimbing hingga siswa benar-benar memahami penyusunan dalam pembuatan laporan hasil pengamatan sehingga ketika presentasi siswa paham dan dapat menyampaikan hasil laporan dengan baik.