Our Fieldtrip, Our Adventures

Share Infomasi :

Serunya berpetualang sambil belajar di dunia fantasi indoor

Siswa-siswi MI Al-Adzkar kembali melaksanakan fieldtrip ke salah satu destinasi wisata indoor yang ada di kota Bandung pada 23 Februari 2023 lalu.

Kegiatan pembelajaran memang perlu bervariasi. Tidak melulu dilaksanakan di dalam kelas. Salah satu metode yang dapat diterapkan yaitu dengan melaksanakan kegiatan fieldtrip.

Fieldtrip merupakan kegiatan mengunjungi destinasi tempat wisata yang telah ditentukan dengan tujuan siswa belajar dengan menyenangkan. Artinya, selain berwisata siswa juga tetap melaksanakan pembelajaran dengan menghubungkan keterkaitan antara pengetahuan dengan pengalaman selama kegiatan fieldtrip.

Menjadi Ilmuwan di Ocean Word Science Center

Ocean Word Science Center merupakan salah satu wahana yang ada di tempat destinasi fieldtrip kali ini. Ocean Word Science Center bertemakan kehidupan laut. Di tempat ini peserta didik dapat mengetahui kehidupan laut yang sesungguhnya melalui penjelasan yang terdapat di dalamnya.

Di wahana ini, peserta didik dapat belajar sambil bermain dengan berbagai exibits kehidupan bawah laut. Selain itu, peserta didik dapat menambah wawasannya dengan alat peraga yang terdapat di Ocean Word Science Center sehingga dapat melihat dan memeragakan secara langsung bersama semua biota laut, salah satunya simulasi ikan hiu yang jika diganggu dari balik kaca maka hiu tersebut akan memecahkan kaca yang disentuh secara langsung dengan telapak tangan.

Giant Swing, Vertigo, dan Dunia Raksasa — Memacu Hormon Adrenalin

Ketiga wahana ini termasuk wahana ekstrem di tempat destinasi fieldtrip. Tidak semua wahana dapat dinikmati semua peserta didik, termasuk ketiga wahana ini yang lebih tepat untuk kelas atas. Hal ini dikarenakan wahana-wahana tersebut cukup menantang adrenalin. Karena menantang dan menimbulkan ketegangan, hal inilah yang menyebabkan tubuh meresponnya dengan mengeluarkan hormon adrenalin.

Giant Swing

Selain itu peserta didik juga dapat membuktikan adanya gaya mesin yang bekerja ketika ketiga wahana tersebut beroperasi. Penjelasan tentang gaya sudah dikenalkan di kelas 4 sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah.

Hal ini membuktikan bahwa selain berpetualang, peserta didik juga dapat membuktikan teori-teori yang sudah diperoleh secara formal di lingkungan sekolah.

Mengenal Keanekaragaman Nusantara Bersama Si Bolang Adventure

Peserta didik diajak berkeliling nusantara bersama Si Bolang dengan kereta pesawat. Bersama Si Bolang peserta didik diajak berpetualang mengenal berbagai keunikan adat dan budaya, alam, juga hewan khas dari setiap provinsi.

Berkeliling nusantara peserta didik dapat merasakan petualangan secara langsung meskipun melalui miniatur boneka yang memeragakan kesenian dari masing-masing provinsi dengan memakai pakaian yang khasnya. Sungguh pengalaman yang tak akan terlupakan untuk peserta didik, terutama peserta didik kelas bawah.

Bermain Peran di Broadcasting Center

Mau tahu bagaimana proses penyiaran dilaksanakan?

Di sini tempatnya peserta didik dapat memeragakan bagaimana rasanya menjadi sutradara, kameramen, pembawa acara, dan pengisi suara. Dalam hal ini peserta didik bermain peran menjadi bagian dari proses penyiaran televisi.

Waaah … sungguh pengalaman yang menyenangkan, ya.

“Hidup merupakan proses perjalanan yang tak akan pernah kembali.
Maka nikmatilah setiap momen dalam waktu yang sedang dijalani.”

Rani setiani purnawangsih
Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
Maret 2024
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available