Siswa MI Al-Adzkar Antusias Mengikuti Gebyar Vaksinasi Dosis Ke-2

Share Infomasi :

Sesuai surat pemberitahuan dari Dinas Kesehatan Puskesmas Tagog Apu Kecamatan Padalarang nomor 800/003/PKMTGA/I/2022 perihal pelaksanaan vaksinasi dosis ke-2 usia 6-11 tahun, MI Al-Adzkar turut menyukseskan vaksinasi tahap ke-2 setelah sukses vaksinasi tahap 1 pada tanggal 30 Desember 2021 silam.

Gebyar vaksinasi dosis ke-2 yang dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2022, tepatnya hari Jumat, diharapkan dapat memenuhi salah satu syarat dapat dilaksanakannya PTM 100%. Salah satu syarat dapat dilaksanakannya Pembelajaran Tatap Muka, yaitu 80% siswa sudah mengikuti vaksinasi tahap ke-2. Meskipun ini bukan syarat mutlak dapat dilaksanakan PTM tatap muka 100%.

Pada pelaksanaan vaksinasi dosis ke-2, jenis vaksin yang digunakan yaitu sinovak. Sementara petugas pelaksananya dari Dinas Kesehatan Puskesmas Tagog Apu Kecamatan Padalarang Bandung Barat.

Pelaksanaan vaksinasi dosis ke-2 ini tentunya diatur melalui sebuah alur agar vaksinasi berjalan tertib dan tetap terkendali.

Vaksinasi dosis ke-2 dimulai pukul 08.15 WIB dengan pelaksanaan skrining terhadap siswa yang akan divaksin. Skrining dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan siswa dan hal lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan vaksin dosis ke-2. Selain itu, tahap ini juga meng-input data berdasarkan Kartu Keluarga dan nomor handphone yang aktif untuk menerima feedback dari operator PEDULICOVID yang dikirim melalui pesan singkat.

Setelah skrining, selanjutnya siswa diarahkan ke ruangan vaksin. Pemberian vaksin dilaksanakan oleh Bu Mimin, yaitu Bidan yang bertugas di Dinas Kesehatan Puskesmas Tagog Apu. Selesai divaksin, siswa akan mendapat obat pereda sakit berupa paracetamol tablet.

Keterangan gambar: menunggu hasil observasi

Selanjutnya, untuk mengetahui efek dari vaksin yang telah diberikan, siswa pun diarahkan ke ruangan observasi dan menunggu selama 30 menit. Apabila tidak ada efek samping yang timbul, seperti demam atau mual maka siswa diperkenankan pulang.

Sementara Kartu Vaksinasi Covid-19 dapat diterima setelah selesai observasi. Begitupun untuk sertifikat baik dosis ke-1 maupun dosis ke-2 dapat diakses di link pedulilidungi.

Proses vaksinasi alhamdulillah berjalan dengan lancar dan tertib. Tentunya, hal ini ini tidak akan terjadi tanpa terjalin kerja sama antara semua pihak, yaitu tenaga kesehatan, para guru yang mengatur dan membantu pelaksanaan vaksinasi, siswa yang mudah untuk diarahkan, juga orang tua yang tertib mendampingi ketika vaksinasi anaknya. Dengan demikian, vaksinasi dapat selesai sekitar pukul 11.05 WIB.

Jazakallahu khairan katsiran

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
Maret 2024
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available