Mempersiapkan Diri untuk Menyambut Bulan Ramadan

Share Infomasi :

Kajian Mawas bersama Ustaz Ardiansyah

Tulisan oleh: Bunda Audieba, Ketua Mawas MI Al-Adzkar

Kajian rutin yang sudah menjadi agenda majelis wali siswa MI Al-Adzkar setiap satu bulan sekali kali ini dilaksanakan bersama Ustaz Ardiansyah.

Tema yang diusung dalam kajian pada tanggal 14 Maret 2023 ini adalah tentang bagaimana mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadan.

Apa saja hal yang penting untuk dipersiapkan agar puasa tetap terjaga selama bulan Ramadan?

  • mempersiapkan fisik, karena aktivitas selama bulan Ramadan tetap dilakukan seperti biasa sementara kondisi tubuh tidak sama ketika tidak berpuasa, seperti tidak dapat minum ketika merasa dahaga pada siang hari.
  • mempersiapkan mental karena puasa tidak hanya menahan lapar dan haus. Puasa juga harus mampu menahan emosi dari amarah agar pahala puasa tidak hilang.

Mempersiapkan fisik dan mental untuk melaksanakan puasa selama bulan Ramadan tentu menjadi hal utama agar keutamaan puasa selama bulan Ramadan dapat diraih.

Apa Keutamaan Bulan Ramadan?

Keutamaan bulan Ramadan adalah Ramadan bulan Al-Alquran.
Al-Quran adalah kalamullah.

Al-Quran bukanlah suatu karangan/karya tulis, melainkan berisi tentang hukum dan perkara tentang kewajiban-kewajiban umat Islam.

Membaca Al-Quran memiliki nilai ibadah. Selain itu, Al-Quran pun akan menjadi syafaat di akhirat bagi umat-Nya yang senantiasa membacanya.

Al-Quran juga merupakan obat bagi segala macam penyakit. Termasuk sakit ‘ain, yaitu sakit yang berawal dari mata yang kemudian menjadi benci atau takjub.

Bagaimana Al-Quran dapat Menjadi Obat?

Ketika membaca Al-Quran, siapkan air minum. Selesai membaca Al-Quran, kemudian tiupkan ke air minum yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Hal yang paling paling utama dari keistimewaan Al-Quran adalah sebagai petunjuk dan pedoman umat Islam dalam menjalani kehidupan agar senantiasa dalam bimbingan Allah Swt.

Keutamaan lain bulan Ramadan adalah bulan pengampunan dosa. Setiap manusia pasti melakukan dosa, kecuali nabi dan rasul. Oleh karena itu, sebagai muslim yang taat tentu harus menjalani ibadah puasa Ramadan dengan kyusuk.

Dosa ada yang besar ada juga yang kecil.

Balasan bagi yang melakukan dosa besar adalah:

  • ancaman neraka
  • mendapat murka dan azab Allah Swt.
  • mendapat balasan langsung di dunia
  • dianggap tidak beriman

Berkaitan dengan hal itu, amalan pengampunan dosa pada bulan Ramadan yaitu:

  • selalu melaksanakan salat 5 waktu
  • berpuasa penuh selama bulan Ramadan
  • qiyam Ramadan, yaitu melaksanakan salat sunnah Tarawih.
  • Menghidupkan malam lailatul qadar
  • Memenuhi zakat fitrah

Semua itu, tentunya harus dilaksanakan karena Allah Swt.

Selain dosa besar, terdapat dosa yang berkaitan dengan haqqul adabi, yaitu dosa yang disebabkan karena menyakiti sesama manusia.

Haqqul adabi dapat diampuni dengan meminta maaf kepada yang disakiti.

Ramadan bulan dikabulkannya doa.

Doa merupakan senjata orang-orang beriman. Doa dapat mengubah takdir. Oleh karena itu, berdoa dan memintalah yang terbaik.

Lantas, Apa Keutamaan Puasa?

Tidak ada amal ibadah yang tidak mendapat pahala. Akan tetapi, puasa memiliki keutamaan dibandingkan dengan ibadah puasa pada bulan selain Ramadan.

Keutamaan puasa di antaranya:

  • jalan meraih takwa
  • penghalang api neraka
  • amalan puasa dapat memberikan syafaat di akhirat

Itulah keistimewaan puasa Ramadan.

Semoga kita sebagai umat Islam yang termasuk pada muslim yang taat dan hamba yang senantiasa yang dirahmati Allah Swt.

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
April 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available