Pelajaran PJOK di Masa Pandemi dengan Sistem Daring

Share Infomasi :

Ditulis oleh: Hafizullah Faridh, S.Pd.

                    Diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,  mengharuskan guru untuk melaksanakan WFH (work from home) dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Kondisi kegiatan pembelajaran yang tiba-tiba berubah drastis ini menjadi tantangan bagi guru khusunya guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), agar sasaran dan tujuan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tetap dapat tercapai.  Meskipun melalui surat edaran Mendikbud no 4 Tahun 2020 terkait panduan pembelajaran di rumah selama masa pandemi mengharuskan guru untuk tidak membebani peserta didik melalui tuntutan capaian kurikulum sebagai syarat kenaikan kelas.

Mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan adalah mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari siswa di masa sekarang ini, karena dengan pengetahuan mengenai kesehatan dan praktik olahraga siswa dapat membenteng diri –salah  satunya dengan meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) untuk mencegah Virus Corona, dengan olahraga teratur menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan.

Namun,  pola pembelajaran di rumah pastinya memiliki tantangan tersendiri terutama untuk guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah, yang tentunya harus mampu untuk meningkatkan tarap kebugaran siswa, keterampilan motorik, dan nilai-nilai yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan sosial, sehingga materi pelajaran harus disusun ulang secara saksama agar pengalaman belajar pendidikan jasmani didapatkan oleh siswa/siswi, namun disesuaikan dengan kemampuan melaksanakan pembelajran siswa di rumah. 

Beberapa guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan mendapatkan beberapa kendala dalam proses pembelajaran jarak jauh yang mereka laksanakan.

Kendala umum yang dihadapi dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh ini, di antaranya;

1. Fasilitas media mengajar elektronika (komputer, laptop, hp android) yang tidak semua dimiliki siswa.

2. Tidak semua siswa mampu mengakses internet (tidak memiliki paket data ) yang memadai.

3. Sejauh ini guru penjas merasa kebingungan memilih dan memanfaatkan platform teknologi atau online learning yang dapat memenuhi pengajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

                   Jika guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tidak dapat beradaptasi dengan cepat dalam menindaklanjuti rintangan tersebut, prestasi akademik siswa sudah pasti akan terpengaruh bahkan kekhawatiran para ahli pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan akan ancaman ‘kekurangan gerak’ yang dapat menimbulkan masalah kebugaran dan berbagai macam penyakit pun akan mendera anak-anak kita karan sistem imun yang lemah.

Tanggung jawab dan peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan benar-benar diuji di masa pandemi ini.

                  Saat proses pembelajaran jarak jauh , perlu kiranya kita kembali memahami bahwa cakupan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan itu sangat luas, memungkinkan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dapat dilakukan di mana saja, artinya tidak terbatas baik tempat maupun sarana prasarana yang memadai. Siapa saja bisa ikut terlibat berperan serta memberikan pendidikan jasmani. Orang tua di rumah misalnya, dapat memberikan petunjuk cara melakukan aktifitas gerak dengan baik dan benar.

Hal ini harus betul-betul menjadi tugas bagi seluruh pemerhati pendidikan jasmani dan terutama bagi guru pendidikan jasmani untuk bekerjasama mensosialisasikan dan mengupayakan jalan keluar dari tantangan dimasa pandemi yang kita hadapi  demi keberhasilan program pendidikan jasmani.

Media Penyampaian Materi PJOK Kelas 1

Namun beruntung bagi kami guru MI Al – Adzkar Islamic Full Day School, karena kendala-kendala pembelajaran jarak jauh tidak terlalu menjadi penghambat bagi para guru serta peserta didik untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar secara kreatif. Nyatanya, ide-ide pembelajaran kreatif bermunculan selama masa pandemi Covid-19. Jarak yang dianggap sebagai kendala justru menjadi pemantik kreativitas dalam kegiatan belajar-mengajar. Hal ini salah satunya menggunakan fasilitas youtube. Dengan demikian, proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik meskipun belum mencapai  hasil yang maksimal.

Penyampaian Materi dan Contoh Gerakan untuk Materi PJOK Kelas 4

                Sebagai feed back  dari hasil belajar siswa yang dikirimkan baik melalui foto maupun video saat pelaksanaan praktik olahraga, tentunya penyampaian apresiasi  juga penting dilakukan sebagai penghargaan atas semangat anak-anak dalam melaksanakan pembelajaran.

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

3 Comments:

Comments are closed.
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available