Serunya Pesta Siaga dan PERJUSA18 Pramuka Pangkalan GUGUS DEPAN 08141-08142 MI Al-Adzkar

Share Infomasi :

Latepost-Pesta Siaga dan Perkemahan Jumat-Sabtu

Uji Lantik Kenaikan Tingkat TP 2023-2024

Kenalan, yuk!

Ada Pesta Siaga ada Perjusa? Apa perbedaannya?

  1. Pramuka Siaga
    • Tingkatan pertama dalam pramuka adalah Pramuka siaga. Tingkatan ini diikuti oleh anggota mulai dari usia 7-10 tahun. Di tingkatan sekolah dasar, Pramuka Siaga diikuti siswa kelas 2 dan kelas 3.
    • Nama siaga diambil dari istilah siaga, yang mengacu pada kesiapsiagaan saat nanti terlibat dalam kehidupan bermasyarakat.
    • Latar belakang Pramuka Siaga ini adalah Organisani Boedi Oetomo yang terbentuk pada tahun 1908.
    • Satuan terkecil pada tingkat siaga disebut barung. Satu barung beranggotakan 5-10 orang, termasuk pemimpin barung.
    • Dalam Pramuka Siaga terdapat pembagian tingkatan, yaitu siaga mula, siaga bantu, dan siaga tata.
  2. Pramuka Penggalang
    • Tingkatan setelah Pramuka Siaga adalah Pramuka Penggalang.
    • Anggota Pramuka Penggalang pada umumnya diikuti oleh siswa dari usia 11 s.d 15 tahun. Di tingkatan sekolah dasar, biasanya diikuti oleh siswa kelas 4, 5, dan 6 yang sudah uji lantik dari Pramuka Siaga.
    • Sebutan Penggalang diambil dari kata penggalang yang ditujukan pada gerakan menggalang persatuan rakyat Indonesia ketika melawan penjajah untuk merebut kemerdekaan. Jadi, dengan adanya Pramuka Penggalang, diharapkan semangat juang para pahlawan bangsa dapat terus dilanjutkan ke generasi penerus bangsa.
    • Dalam Pramuka Siaga, satuan pramuka disebut barung. Sementara dalam Pramuka Penggalang, disebut regu. Untuk pemimpinya disebut pinru atau pemimpin regu.
    • Pramuka Penggalang terbagi dalam beberapa tingkatan, yaitu:
      • Penggalang Ramu
        • Penggalang ramu, artinya mulai meramu, mengumpulkan, atau mempelajari ilmu dan wawasan tentang pramuka. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan diri di tingkat selanjutnya.
      • Penggalang Rakit
        • Penggalang rakit, artinya merakit atau menyusun hal-hal yang sudah dikumpulkan di tingkat sebelumnya untuk memantapkan diri di tingkat Pramuka Terap.
      • Penggalang Terap
        • Penggalang terap merupakan tingkatan tertinggi yang dicapai dalam Pramuka Penggalang. Dalam tingkatan Penggalang Terap, seluruh anggota diharapkan dapat menerapkan dan mengamalkan ilmu yang sudah dikumpulkan sejak Pramuka Siaga.

Nah, gimana Sahabat Adzkar, kita jadi tahu ya perbedaan antara Pramuka Siaga dengan Pramuka Penggalang.

Seseru apa, sih, Pesta Siaga Para Barung MI Al-Adzkar?

Ada yang berbeda dengan liburan akhir pekan kali ini. Di lingkungan MI Al-Adzkar sejak pagi sudah dipenuhi dengan atribut Pramuka kepramukaan.

Iklim pagi ini, Jumat 9 Februari 2024 di madrasah ibtidaiyah Al-Adzkar sudah dipenuhi atmosefer semangat jiwa kepramukaan dari para barung. Mereka semangat melaksanakan Pesta Siaga yang merupakan pengalaman pertama bagi para barung untuk angkatan 2023-2024.

Pesta siaga merupaka salah satu kegiatan kepramukaan yang bersifat rekreatif, namun tetap sarat edukatif. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan pengalaman kepada para barung dalam menanamkan karakter semangat juang, persaudaraan, dan bekerja sama melalui permainan.

Semangat siaga tampak dalam canda tawa para barung meski sinar matahari menyapa mereka begitu lekat hingga hujan keringat pun tak mereka hiraukan saat hiking.

Bahkan, hanya dengan segelas minuman segar rasa lelah yang mereka rasakan mampu menepis dahaga yang begitu kering. Selain itu, kebersamaan dan kehangatan bersama barung juga mampu membakar semangat mereka untuk terus melanjutkan kegiatan hingga penutupan.

Inilah jiwa Pramuka Siaga yang siap melanjutkan perjuangan ke tingkatan Pramuka Penggalang selanjutnya.

Perjusa18? Kapan Perjusa1 atau Perjusa2 dilaksanakan?

Yuk, kita cari tahu!

Latar Belakang

Pramuka merupakan suatu kegiatan yang penting dan sangat positif bagi peserta didik di lingkungan madrasah pada khususnya. Hal ini dikarenakan Pramuka adalah suatu organisasi yang mempunyai misi sosial yang sangat tinggi. Dengan demikian, Pangkalan MI Al-Adzkar akan mengadakan Pesta Siaga dan Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa).

Dasar Pemikiran

  1. Undang Undang Nomor 12 Tahun 2010
  2. Keppres Nomor 238 tahun 1961 tanggal 20 Mei 1961, sebagai kelanjutan dan pembaharuan Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia
  3. Prinsip Dasar Kepramukaan (Anggaran Rumah Tangga 1999, Pasal 20)
  4. Program Kerja Gerakan Pramuka Pangkalan  Gudep  MI Al-Adzkar Tahun Pelajaran 2023-2024

Tujuan Kegiatan

Bukan tanpa tujuan. Baik Pesta Siaga maupun Perjusa dilaksanakan dengan ujuan untuk meningkatkan mental dan jiwa sosial para peserta didik agar menjadi seorang Pramuka yang mandiri, beriman, dan bertakwa kepada Allah Swt. Secara jelas. tujuan dari kegiatan ini adalah untuk:

  1. meningkatkan mental disiplin, menumbuhkan jiwa sosial, mandiri, serta meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt. kepada seluruh anggota Pramuka pangkalan MI Al-Adzkar;
  2. evaluasi latihan rutin yang dilaksanakan setiap hari Kamis;
  3. kenaikan tingkat anggota Pramuka pangkalan MI Al-Adzkar.

Siapa yang mengikuti?

Kegiatan Pesta Siaga merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh anggota Pramuka pangkalan MI Al-Adzkar kelas I s.d III.

Sementara untuk kegiatan Perjusa diikuti oleh seluruh anggota yang sudah masuk Pramuka tingkat Penggalang, khususnya bagi siswa kelas IV, V, dan VI.

Nah, uniknya. Perjusa kali ini diikuti oleh siswa dari tingkat kelas 4 s.d kelas 6 yang masing-masing kelas siswa yang dapat mengikuti perjusa berjumlah sama, yaitu 18 siswa dari masing-masing kelas. Hanya 1 kelas yang diikuti 17 siswa, yaitu kelas 6B. Sementara kelas 4, 5A, 5B, 6A, dan 6C masing-masing berjumlah 18 siswa.

Maka atas ide inilah artikel ini mengangkat topik Perjusa18.

Semangat Penggalang Perjusa18 Pangkalan MI Al-Adzkar

Iklim pramuka masih terus menyelimuti lingkungan madrasah Al-Adzkar. Meski Pesta Siaga telah usai, namun asmorfer semangat berpramuka tetap berkobar bahkan memenuhi atmosfer lingkungan MI Al-Adzkar.

Pesta Siaga usai maka terbitlah Perjusa18.

Kita intip, yuk, agenda Perjusa18 kali ini!

Seluruh anggota penggalang yang mengikuti kemping diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran ini dilakukan dengan mengisi format isian yang sudah disiapkan panitia. Hal ini bertujuan untuk memastikan jumlah anggota pramuka yang mengikuti kemping. Pendaftaran dilakukan hingga pukul 10.00 WIB.

Selesai daftar ulang, seluruh peserta bergegas untuk mendirikan tenda. Untuk posisi tenda, panitia sudah menyiapkan nomor kavling untuk posisi tenda.

Teriknya matahari pada Jumat 9 Februari 2024, tidak menyurutkan semangat para penggalang untuk mendirikan tenda kemping. Tak hanya para penggalang, tim sukses dari setiap regu pun tersulut semangatnya untuk membantu mendirikan tenda. Siapakah mereka? Ya, mereka adalah para orangtua yang selalu support para anggota pramuka mengikuti kegiatan.

Di antara jeda waktu hingga acara pembukaan. Penggalang putra rehat dan bersiap melaksanakan shalat Jumat. Sementara penggalang putri rehat dan bersiap melaksanakan keputrian bersama kakak pendamping putri.

Opening Ceremony

Sudah hal yang pasti, setiap kegiatan uji lantik diawali dengan upacara pembukaan.

Se-seru, apa, nih, agenda Perjusa?

Uji Materi

Peta Pita

Hiking

Tali-temali

Makan Malam

Jurit Malam

Api Unggun

Galeri Pesta Siaga

Galeri Perjusa

Sayonara ….

Salam Pramuka

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
April 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available