Market Day MI Al-Adzkar Tahun 2021

Share Infomasi :

Desember 20 – Desember 22

“Yuk, datang dan ramaikan market day 20-22 Desember 2021.”

Market day merupakan aktivitas pembelajaran Enterpreneur ketika peserta didik diajarkan memasarkan produk kepada teman, guru, atau pun kakak kelas dan adik kelas.

Market day merupakan salah satu kegiatan yang sudah teragendakan setiap tahun di MI Al-Adzkar.

Kegiatan ini biasanya dilaksanakan dalam bazar yang diselenggarakan di sekolah dengan melibatkan segenap komponen sekolah. Selain para guru, tentu saja para orang tua juga terlibat menyiapkan barang-barang dagangan yang akan dilaksanakan oleh anaknya, sebagai peserta didik di MI Al-Adzkar Islamic Full Day School. Selain itu, orang tua juga dapat terlibat sebagai pembeli.

Kegiatan market day yang diselenggarakan di MI AL-Adzkar hanya diperuntukkan untuk warga sekolah, tidak mengundang warga dari luar sekolah.

Sebelum hari pelaksanaan, peserta didik sudah mempersiapkan

rencana berwirausahanya. Setiap kelas pada umumnya memiliki lapak sendiri, bahkan beberapa lapak antara 2-3 lapak. Selain itu, menyajikan tema dan barang dagangan yang berbeda.

Saat pelaksanaan market day, suasana dibuat menjadi riang gembira. Ada peserta didik yang menjajakan barang dagangannya dan menunggu pembeli datang, ada sebagian peserta didik yang menjajakan barang dagangannya dengan berkeliling seputar sekolah.

Tidak hanya itu, antar peserta didik juga dapat saling mencoba barang dagangannya dengan membeli produk dari peserta didik lainnya dari kelompok yang berbeda. Dengan demikian, saat pelaksanaan market day setiap peserta didik dianjurkan untuk dibelaki uang jajan lebih dengan nominal yang ditetapkan sekolah agar dapat mencoba barang dagangan yang dijual kelompok lain sehingga keseruan market day dapat dirasakan oleh semua pihak.

Hasil penjualan dari market day biasanya dikumpulkan dan keuntungannya dibagikan kepada peserta didik sesuai kelompoknya.

Melalui kegiatan market day ini, peserta didik diharapkan teredukasi sejak dini mengenai bagaimana cara berjualan yang baik secara islami. Misalnya, belajar menimbang dengan benar, menentukan jenis makanan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam Islam.

Market day bertujuan untuk menumbuhkan jiwa enterpreneur pada peserta didik, melatih kreativitas dan inovasi dalam menentukan barang yang akan dijualnya, menumbuhkan rasa percaya diri, serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak.

Sementara bagi orang tua, melalui market day ini peran orang tua adalah menunjukkan dukungannya terhadap proses pendidikan anak di MI Al-Adzkar. Begitu juga bagi para guru, melalui kegiatan market day ini dapat memperkuat solidaritas berbagai pihak, yaitu antara siswa, guru, orang tua, juga sekolah.

Alhamdulillah tahun ini, market day kembali dilaksanakan yaitu tanggal 20-22 Desember 2021 mulai pukul 07.30 -10.00 WIB. Tentu saja pelaksanaan market day tahun ini dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan sebagaimanan peraturan yang diterapkan.

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available