MATSARA-Masa Ta’aruf Siswa Raudhatul Athfal

Share Infomasi :

Bismillahirrahmanirrahim

Mengawali kegiatan awal Tahun Pelajaran 2023-2024, RA Al-Adzkar kegiatan Matsara.

Apa itu Matsara?

Ayah dan Bunda mungkin biasa mendengar MPLS, yaity Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Nah, kalau Matsara adalah Masa Ta’aruf Siswa Raudathul Athfal, yaitu masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah sebagai media:

  • pengenalan program,
  • sarana dan prasarana sekolah,
  • cara belajar,
  • konsep pengenalan diri,
  • dan pembinaan awal budaya kekhasan sekolah.

Matsara dimulai pada hari Senin 17 Juli 2023. Pada hari pertama Ananda ke sekolah diantar oleh Ayah dan Bunda dengan membawa balon gas untuk dilepas bersama-sama dalam pembukaan Matsara. Pada hari pertama, tampak nyata Ananda sangat antusias bahkan ketika mengikuti pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah-putih bersama kakak-kakak kelas MI Al-Adzkar. Upacara pengibaran bendera merah-putih juga sebagai penyambutan kepada seluruh peserta didik baru baik siswa RA maupun siswa MI Al-Adzkar.

Selesai mengikuti kegiatan upacara, Ananda kembali menuju gedung RA bersama guru-guru tercinta yang baik hati. Selanjutnya, Ananda melaksanakan pembiasaan berdoa setiap akan memulai aktivitas. Selesai pembiasaan berdoa, Ananda belajar memperkenalkan diri bersama teman-teman yang baru.

Serunya Ananda saat belajar berkenalan. Bahkan saat ice breaking pun Ananda tampak sangat gembira. Melihat keantusian Ananda semua, kami pun menyiapkan reward sebagai bentuk apresiasi luar biasa kepada Ananda atas keberaniannya.

Matsara pada hari pertama ini, ditutup dengan keseruan melepaskan balon gas ke udara bersama-sama.


Matsara hari kedua, Selasa 18 Juli 2023.

Kegiatannya kami awali dengan pengenalan lingkungan sekolah.
Ananda diajak berkeliling sekolah untuk mengetahui ruangan apa saja yang ada di sekolah serta siapa saja yang berada di sekolah.

Kami mengajak Ananda menuju pos satpam dan berkenalan dengan Bapak Satpam. Masya Allah mereka mampu mengingat lalu menyebutkan tugas Bapak Satpam dengan baik. Kami pun melanjutkan untuk mengajak Ananda mengenal dan mengetahui Masjid Al-Adzkar. Alhamdulillah Ananda sangat senang sekali berada di dalam Masjid Al-Adzkar.

Pada hari kedua kami juga mengisi kegiatan Ananda dengan mewarnai gypsum yang berbentuk kelinci dan gajah. Mereka sangat bersemangat mewarnainya tanpa takut kotor terkena cat air. Selesai mewarnainya, kemudian dijemur dan dibawa pulang oleh Ananda sebagai reward karena Ananda telah mengikuti kegiatan Matsara pada hari kedua dengan baik 🤗.


Hari Rabu, 19 Juli 2023 sekolah libur, karena memperingati Tahun Baru Islam 1445 H. Maka dari itu, tidak ada kegiatan pada hari Rabu .


Matsara hari ketiga, Kamis 20 Juli 2023.


Kegiatan Matsara pada hari ini diawali dengan berbaris di halaman sekolah dengan pembiasaan dan bermain mencari teman. Ananda diajak untuk bisa menyebutkan nama teman di sebelahnya, dilanjutkan dengan berlari keliling lapangan.

Waaah Ananda semua sangat bersemangat mengawali kegiatan hari ini. Alhamdulillah, ya.
Kegiatan kami lanjutkan di dalam kelas. Ananda kami ajak bermain membentuk tiruan geometri.
Mereka akan melompat pada bentuk geometri yang telah mereka pilih atau yang telah Bu Guru instruksikan.
Masya Allah … Ananda mampu melakukannya dengan baik 🤗.


Hari keempat Matsara, Jumat 21 Juli 2023.

Merupakan hari terakhir Matsara di RA AL-ADZKAR.


Nah …., agar Matsara hari terakhir ini lebih berkesan, kami pun mengundang BADUT CIMAHI untuk menghibur Ananda semuanya 🤗. Tentu saja Ananda sangat senang bahkan berani berinteraksi dan bermain dengan badut, walaupun ada beberapa yang masih belum berani dan menangis ketika melihat badut tapi mereka mau berkenalan dan tertawa saat melihat badutnya beraksi.

Seru sekali, ya, kegiatan Matsara tahun ini. Bukan hanya Ananda yang hebat, tetapi Ayah dan Bunda juga sangat antusias untuk mendampingi dan mendukung Ananda dalam berkegiatan selama Matsara berlangsung.

Terima kasih kami ucapkan kepada Yayasan Pendidikan Islam Al Adzkar, Kepala Sekolah, dan Guru-guru RA AL-ADZKAR, serta Ananda semua siswa siswi RA AL-ADZKAR, juga orangtua/wali siswa RA AL-ADZKAR atas semua dukungan, motivasi, dan partisipasinya dalam kegiatan Matsara Tahun Pelajaran 2023-2024.
Semoga semuanya sehat selalu, tetap semangat, dan tambah kompak, ya 🤗.

Sampai jumpa lagi di Artikel RA AL-ADZKAR ISLAMIC FULL DAY SCHOOL PADALARANG selanjutnya, ya!

 

Author

Rani Setiani Purnawangsih

Guru yang satu ini hobi menulis dan membaca. Di awal kelulusan, perhatiannya sempat terfokus pada dunia editing naskah buku umum Islami dan proofreader untuk bacaan kategori anak di dua perusahaan penerbitan di kota Bandung dari awal 2010 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali memutuskan ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah full day di Bandung Barat. Selain itu, hobinya menulis menjadikannya untuk terus belajar membuat karya dalam sebuah buku. Buku solo pun sudah berhasil diterbitkannya dan 5 buku antalogi.

Comments are closed.
Maret 2024
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Tim Support kami akan menjawab pertanyaan bapak/ibu
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Raudhatul Athfal (RA)
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Info
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Available